Ahlan wa sahlan, selamat datang di situs resmi DPW Hidayatullah Sumsel Arsip berita

Mengajarkan Zakat Sejak Usia Dini: RA Yaa Bunayya dan MI Mardhatillah Adakan Kegiatan Berzakat Ceria

Siswa-siswi MI Mardhatillah dalam Kegiatan Edukasi Berzakat Ceria

Banyuasin, HidayatullahSumsel.com -- Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang dinanti oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Bulan suci yang penuh berkah ini menjadi kesempatan bagi setiap individu Muslim untuk memperbaiki diri, meningkatkan ketakwaan dan ibadahnya. Tidak hanya itu, bulan Ramadhan juga menjadi momentum untuk berbuat kebaikan dan berbagi dengan sesama.

Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi RA Yaa Bunayya dan MI Mardhatillah pada tanggal 5 April 2023. Mereka melakukan kegiatan edukasi berupa Berzakat Ceria dengan tema "Berbagi Rizki untuk Membersihkan Diri" di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Sumsel. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi RA Yaa Bunayya dan MI Mardhatillah tentang pentingnya zakat dan bagaimana cara menunaikan zakat.

Siswa-siswi RA Yaa Bunayya dalam Kegiatan Edukasi Berzakat Ceria

Dalam kegiatan tersebut, Kyai Muda Agus Sofyan, Kepala Departemen Kepesantrenan, YPP Hidayatullah memberikan tausiyah tentang zakat. Beliau menjelaskan bahwa zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang telah mencapai nishab atau batas minimal kekayaan yang telah ditetapkan. Zakat memiliki banyak manfaat, di antaranya membersihkan harta, membersihkan hati dari sifat kikir dan serakah, mempererat tali persaudaraan, dan membantu meringankan beban sesama manusia yang membutuhkan.

Siswa-siswi RA Yaa Bunayya dalam Kegiatan Edukasi Berzakat Ceria

Siswa-siswi RA Yaa Bunayya dan MI Mardhatillah dalam kegiatan ini melakukan pembayaran zakat fitrah mendapat sambutan positif dari para orang tua/wali. Mereka merasa teredukasi tentang pentingnya zakat dan bagaimana cara menunakan berzakat. 

Praktik membayar Zakat oleh Siswa-siswi RA Mardhatillah

Dalam kegiatan ini terkumpul zakat berupa dana dari 75 siswa-siswi RA Yaa Bunayya Sungai Pinang dan Rambutan sebesar Rp1.600.000 dan beras sebanyak 75 kg. Sedangkan dari 24 siswa-siswi MI Mardhatillah terkumpul zakat berupa dana sebesar Rp630.000 dan beras 20 kg. Perolehan zakat ini nantinya akan dibagikan kepada para mustahik yang berhak menerima. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan edukasi seperti ini, siswa-siswi RA Yaa Bunayya dan MI Mardhatillah semakin sadar tentang pentingnya berzakat dan bagaimana cara menunaikan zakat, serta memiliki kesadaran tentang pentingnya berbuat kebaikan dan berbagi dengan sesama. *|•/ai

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar.
Untuk menghindari adanya spam, mohon maaf, komentar akan kami moderasi terlebih dahulu sebelum ditayangkan.

Terima kasih.
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!