Ahlan wa sahlan, selamat datang di situs resmi DPW Hidayatullah Sumsel Arsip berita

Quran Kemenag in (Microsoft) Word: Solusi Mudah Mengakses Alquran di Microsoft Word

Quran Kemenag pada Microsoft Word 2013

Palembang, HidayatullahSumsel.com | Di era digital seperti saat ini, kebutuhan untuk mengakses Alquran secara mudah dan cepat semakin meningkat. Di satu sisi, masih banyak masyarakat yang menggunakan Microsoft Word sebagai salah satu program pengolah kata di PC/laptop mereka dalam pekerjaan atau studi sehari-hari. Tidak ketinggalan, para guru Madrasah, komunitas pesantren, dan/atau civitas akademika perguruan tinggi Islam, misalnya, dalam membuat naskah khutbah Jumat, khutbah Ied, makalah, artikel, skripsi, tesis, atau dokumen apa pun yang terkait dengan salinan Alquran. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kementerian Agama RI merancang aplikasi Quran Kemenag in Word (yang saat ini sudah sampai versi 3). Dengan aplikasi ini mereka tidak perlu membuka aplikasi Alquran terpisah, dalam artian tidak perlu keluar dari Microsoft Word.

Aplikasi Quran Kemenag in Word versi 3 itu sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membantu memudahkan akses dan penggunaan Alquran melalui Microsoft Word (Add-in) bagi masyarakat. Aplikasi ini telah dirilis oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kemenag RI.

Baca juga: Menulis Bahasa Arab Tanpa Repot: Pengetikan Bahasa Arab di Berbagai Program Microsoft

Fitur-fitur Qur'an Kemenag in Word 

Aplikasi Quran Kemenag in Word ini memiliki fitur-fitur yang sangat berguna bagi para pengguna. 

Pertama, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mencari ayat-ayat Alquran yang ingin mereka gunakan dalam dokumen mereka. Pengguna dapat memilih surah dan ayat Alquran yang diinginkan dan menyalinnya langsung ke dalam dokumen Microsoft Word mereka tanpa perlu membuka aplikasi Alquran daring secara terpisah.

Kedua, aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan penulisan format teks Alquran yang sesuai dengan standar penggunaan di Indonesia. Format-format tersebut meliputi penulisan teks Alquran dalam bahasa Arab, bahasa Indonesia, serta terjemahan ayat Alquran. Terjemahan yang disediakan oleh Quran Kemenag in Word (QKIW) meliputi:  

  • Terjemahan Kemenag RI edisi 2019 dan edisi 2002. 
  • Bahasa Inggris (English Sahih International), 
  • Bahasa Mandar (bahasa daerah Sulawesi Barat), 
  • Tafsir Tahlili (Tafsir Kemenag Lengkap), 
  • Tafsir Ringkas Kemenag, dan 
  • Terjemahan dalam bahasa isyarat bagi tunarungu.

Ketiga, aplikasi Quran Kemenag in Word ini dilengkapi dengan menu pencarian ayat berdasarkan akar kata atau tema. Pengguna juga bisa memanfaatkan menu Jelajah Alquran yang menampilkan informasi tentang list surah, nomor ayat, pilihan terjemah, teks ayat dan terjemahannya. Ada juga menu tanya jawab tentang Mushaf Standar Indonesia (MSI) dan ta'rifnya.

Keempat, aplikasi ini juga menyediakan papan ketik (keyboard) Arab on screen bagi kita yang tidak hafal huruf Arab di keyboard,  untuk membantu menulis kata Arab sebagai kata pencarian.

Dalam penggunaannya, aplikasi Quran Kemenag in Word ini sangat mudah digunakan. Pengguna hanya perlu menginstal aplikasi ini di dalam Microsoft Word (2010, 2013, 2016, 2019, dan 365°) mereka dan dapat langsung menggunakannya untuk memasukkan teks Alquran dalam dokumen mereka. 

Baca juga: Mengapa Huruf Arab Ditulis dari Kanan ke Kiri?

Cara mengunduh dan meng-install Quran Kemenag in Word 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh file installer di laman situs resmi Lajnah Kemenag RI Lajnah Kemenag RI atau unduh langsung Quran Kemenag in Word di SINI
  2. Setelah terunduh, ekstrak file installer
  3. Terdapat tiga file dalam folder installer yaitu petunjuk penggunaan (berkas .pdf) dan installer untuk Word 32 bit dan 64 bit,
  4. Tutup semua Microsoft Office yang sedang berjalan di PC/laptop 
  5. Pilih dan klik dua kali file installer 
  6. Muncul jendela Setup penginstalan, klik "Next"
  7. Muncul jendela Ready to Install, klik "Install"
  8. Klik “Finish” untuk mengakhiri proses instalasi
  9. Proses instalasi selesai. 
  10. Bukalah Microsoft Word dan Quran Kemenag in Word sudah dapat digunakan.

Saat proses instalasi kadang diminta untuk menginstal (dalam jendela setup; masih 1 paket) .NET Framework 4 atau perangkat lunak Microsoft Visual C++ 2010 Redistibutable dan Microsoft Visual Studio 2010 Tools for Office Runtime (x64) jika belum terinstal di PC/laptop. Untuk itu, koneksi internet harus tetap terhubung.

Secara keseluruhan, aplikasi Quran Kemenag in Word ini merupakan solusi praktis dan efisien bagi mereka yang membutuhkan akses mudah dan cepat ke Alquran dalam dokumen Microsoft Word mereka. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan, aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan akurasi teks Alquran yang digunakan dalam dokumen tersebut. *|•

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar.
Untuk menghindari adanya spam, mohon maaf, komentar akan kami moderasi terlebih dahulu sebelum ditayangkan.

Terima kasih.
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!