📅

Program Rumah Baca Adibatussumayah, Upaya Tingkatkan Literasi Anak Bangsa

Banyuasin (HidayatullahSumsel.com) --- Menurut survei yang diadakan oleh Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2019 yang dilansir dari situs Perpustakaan Kemendagri mengatakan bahwa Indonesia mendapat peringkat ke-62 dari 70 negara di dunia yang disurvei. Itu berarti bahwa  Indonesia  masuk sebagai negara dengan klasifikasi populasi terbanyak di dunia namun memiliki tingkat literasi yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lain. 

Literasi itu sendiri merupakan keterampilan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis, jadi bukan sekedar bisa membaca dan menulis. Hal ini menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan sebuah negara. 

Berkaitan dengan literasi, DPD Hidayatullah Banyuasin melalui Yayasan Baitul Quran Adibatussumayyah yang berlokasi di Lr. Margo Mulyo (PU) RT 18 RW 04 Dusun IV, Ds. Sungai Pinang, Kec. Rambutan, Banyuasinmenginisiasi program baru yaitu Rumah Baca. Rumah Baca merupakan sebuah program peningkatan literasi yang dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya literasi dan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini diadakan oleh Yayasan Adibatussumayah dengan para donatur peduli literasi yang merupakan sebuah organisasi nirlaba yang mewadahi anak-anak dan remaja Banyuasin khususnya di Kecamatan Rambutan  dalam upaya mengampanyekan segala bentuk kegiatan positif dalam bidang pendidikan, keagamaan, dan kemanusiaan kepada masyarakat di daerah tersebut.

Dengan progam rumah baca yang sudah berjalan sekira 2 mingguan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kepada anak-anak tentang pentingnya literasi sehingga meningkatkan kecerdasan mereka. Diharapkan pula, program rumah baca yang dijalankan ini dapat mewujudkan tingkat minat literasi yang tinggi, sehingga taraf kecerdasan masyarakat Indonesia semakin meningkat khususnya anak-anak muda yang notabene merupakan penerus bangsa. *|•

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar.
Untuk menghindari adanya spam, mohon maaf, komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditayangkan.
Terima kasih.