📅

Kilas Balik Halaqah Gabungan Hidayatullah Sumsel Pertama

Halaqah Gabungan Hidayatullah Sumsel Pertama di Ogan Ilir, 27-28 April 2019.

Halaqah Gabungan Kader Hidayatullah Sumatera Selatan memasuki putaran kedua.  Itu berarti, seluruh DPD Hidayatullah se-Sumsel sudah merasakan menjadi tuan rumah-kecuali DPD Hidayatullah perintisan baru yang diputuskan pada periode 2020-2025.

Halaqah Gabungan Hidayatullah Sumsel yang pertama dilaksanakan 3 (tiga) tahun yang lalu di Kampus Hidayatullah Ogan Ilir, yang berada di Dusun II Desa Suka Mulia, Kec. Indralaya Utara pada 27-28 April 2019. Dan, direncanakan akan kembali dilaksanakan pada 23-24 Juni 2022 di tempat yang sama.

Halaqah Gabungan Hidayatullah Sumsel Pertama di Ogan Ilir, 27-28 April 2019.

Halaqah Gabungan yang direncanakan dilaksanakan per triwulan merupakan kegiatan kultural kader Hidayatullah Sumsel. Sebagai kegiatan kultural, agenda ini tidak masuk dalam program kerja resmi organisasi baik skala daerah, wilayah, maupun nasional.

Ide awal kegiatan ini adalah agar antar kader Hidayatullah di Sumsel terjalin silaturahim yang intens, saling menguatkan,  menyemangati, dan membantu dan bertukar ide dan pengalaman di luar kegiatan struktural organisasi yang biasanya dilakukan setahun sekali dalam acara Rakerwil untuk tingkat provinsi.

Halaqah Gabungan Hidayatullah Sumsel Pertama di Ogan Ilir, 27-28 April 2019.

Pada mulanya, kegiatan hanya berupa mabit, yang di dalamnya ada sesi pencerahan dari murobbi, shalat lail berjamaah, dan paginya diisi dengan kerja bakti. Dalam perkembangannya, ada penambahan materi oleh para ahli di bidangnya, misalnya diskusi tentang manajemen SDM dan organisasi, perkaderan, pendidikan, dan juga menyoal "big data". Selain itu, ada sesi laporan perkembangan masing-masing DPD Hidayatullah per triwulan.

*******

Para kader yang bertugas di daerah, berjibaku dengan keadaan dan kondisi yang relatif berat dalam menjalankan tugas kelembagaan. Dalam keseharian, apalagi tenaga perintis, dihadapkan pada keadaan bagaimana diri dan keluarga tetap survive. Di satu sisi, mempunyai tanggung jawab membangun lembaga pendidikan, sosial, dan dakwah, dalam bentuk pesantren, madrasah, panti asuhan, rumah Quran, dan kegiatan keumatan. Dan kesemuanya dilakukan secara mandiri.

Halaqah Gabungan Hidayatullah Sumsel Pertama di Ogan Ilir, 27-28 April 2019.

Kegiatan kultural yang berbentuk halaqah gabungan ini menjadi wahana silaturahim sehingga masing-masing kader yang bertugas bisa mengetahui perkembangan  kampus (pesantren) di daerah lain dengan berbagai tantangan, kendala, peluang, dan kekuatan masing-masing.

Halaqah Gabungan Hidayatullah Sumsel Pertama di Ogan Ilir, 27-28 April 2019.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, ada pencerahan, semangat dan pengetahuan baru sehingga tercipta konsolidasi idiil, wawasan, dan organisasi yang didapat dari pengalaman di "lapangan".

Selamat ber-Halaqah gabungan!

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar.
Untuk menghindari adanya spam, mohon maaf, komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditayangkan.
Terima kasih.