Langsung ke konten utama

Catatan Perjalanan ke Turki: Hari Kelima

Penulis di Cappadociaa, Turki


Puluhan tenaga pendidik di beberapa pondok pesantren melakukan tur pendidikan ke lembaga-lembaga pendidikan di Turki, diprakarsai Depdikdasmen DPP Hidayatullah (17-26/10/2021). Mereka sekaligus menapaktilasi sejarah peradaban Islam di sana. Berikut sebagian kisah perjalanannya, ditulis salah seorang peserta tur, Ust. Lukman Hakim, Ketua DPW Hidayatullah Sumsel untuk hidayatullahsumsel.com, secara berseri.


Setelah bangun pagi sebelum subuh diawali dengan solat tahajud lanjut sholat Shubuh para peserta menuju ruang sarapan pagi dengan menu ala Turki. Mau gak mau harus menyesuaikan menu Turki seperti roti, kentang dan banyak makanan yang tidak tau namanya yang penting cocok di lidah.

Cappadocia Turki


Sebelum lanjut perjalanan ke Cappadocia peserta singgah dulu di destinasi sekitaran Pamukkale. Di atas lembah Pamukkale ada reruntuhan kota romawi kuno yang dibangun tahun 190 SM. Namanya Hieropolis karena di sana ada kuil tempat memuja dewa hieron. Masih banyak benda benda bersejarah tempat ini. Ada juga grand teater yang menjadi tempat upacara kerajaan, tempat pertunjukan hiburan masih terasa betapa gagahnya kota ini pada masa itu. Dan yang paling disukai oleh wisatawan ditempat ini banyak sumber mata air panas yang bertingkat tingkat dengan dasar batu warna putih kristal. Sungguh indah luar biasa. Disini kita juga menyaksikan balon udara walaupun tidak terlalu banyak. Tak lupa para peserta berendam kaki sejenak untuk menghilangkan kepenatan. Ditempat ini para peserta menyempatkan diri untuk mengucapkan hari santri tahun 2021. Kebetulan hari ini adalah tanggal 22 Oktober 2021.


Setelah puas di Pamukkale perjalanan dilanjutkan. Sempat beberapa kali berhenti untuk solat, makan siang, urusan toilet dan merenggangkan otot yang kaku. Sempat juga istirahat di sebuah bangunan kuno namanya Caravansarai yaitu hotel masa lalu khusus para musafir dengan kendaraan onta. Ada kamar kamar untuk istirahat. Dan ada tempat untuk ontanya. Luar biasa gagahnya bangunan ini. Semua terbuat dari batu batu besar yang disusun dengan rapi dan artistik.
Akhirnya tiba juga di cappadocia sekitar pukul 20.00 langsung menuju hotel yang disediakan. Waw...hotelnya unik seperti gua gua yang tertata cantik dan rapi. Jadi ingat kaum Tsamud yang membuat rumah dari batu batu yang dipahat. Hotelnya antik. Awalnya seram lama lama asik juga. Selamat istirahat malam.
*Lukman Hakim

Komentar