Langsung ke konten utama

CATATAN PERJALANAN KE TURKI: HARI KEENAM


Penulis berada  di Provinsi Nevsehir, Turki

Puluhan tenaga pendidik di beberapa pondok pesantren melakukan tur pendidikan ke lembaga-lembaga pendidikan di Turki, diprakarsai Depdikdasmen DPP Hidayatullah (17-26/10/2021). Mereka sekaligus menapaktilasi sejarah peradaban Islam di sana. Berikut sebagian kisah perjalanannya, ditulis salah seorang peserta tur, Ust. Lukman Hakim, Ketua DPW Hidayatullah Sumsel untuk hidayatullahsumsel.com, secara berseri.


Cappadocia - Peserta rombongan terkejut ketika mau solat shubuh ternyata suhu di cappadocia 1°C, luar biasa dinginnya. Jaket lapis dua masih terasa menusuk tubuh. Wajar orang disini memulai aktivitas di pagi sekitar jam 9-an. Karena waktu pagi sangat dingin sekali. Setelah sarapan peserta berkemas menuju bus yang disediakan dengan agenda hari ini eksplore kota Cappadocia. Kota sangat dikenal dengan bukit bukit bebatuan yang berlubang untuk tempat tinggal hingga sekarang. Tak henti-hentinya mata memandang lautan bukit batu yang sangat indah. Lebih indah lagi apabila kita melihat dari balon udara. Kunjungan pertama adalah melihat proses pembuatan karpet. Karpet terkenal di dunia adalah dari turki. Ternyata pembuatannya masih manual menggunakan tangan. Dan menurut kisahnya karpet di turki adalah barang berharga secara adat digunakan untuk maskawin pernikahan. Bisa juga untuk investasi khususnya yang bahan sutra bisa diperjualbelikan. Peserta banyak mendapat wawasan tentang pembuatan karpet.
Selanjutnya menuju kota bawah tanah. Menurut kisahnya rumah rumah bawah tanah ini adalah untuk persembunyian orang Kristen dari tentara Romawi. Karena kerajaan romawi waktu itu masih menyembah dewa dewa. Rumah rumah bawah tanah bisa menampung anggota keluarga sekaligus binatang ternak. Peserta rombongan masuk kedalam bawah tanah dengan hawa sangat dingin menyaksikan betapa hebatnya manusia pada masa itu untuk membuat gua gua di dalam bebatuan. Dan sekarang kita lihat rumah rumah seperti itu masih banyak dan sebagian masih difungsikan untuk kepentingan kunjungan wisatawan. Setelah keliling seputaran kota Cappadocia baik menikmati indahnya alam maupun belanja oleh oleh untuk keluarga tercinta. Rombongan sekitar pukul 15.00 tiba di hotel kembali untuk istirahat karena besok hari peserta akan melakukan perjalanan panjang menuju Istanbul. Supaya kondisi badan fit maka istirahat harus dimaksimalkan.

*Lukman Hakim

Komentar