Ahlan wa sahlan, selamat datang di situs resmi DPW Hidayatullah Sumsel Arsip berita

Milad Ketiga HidayatullahSumsel.com: Dedikasi dan Konsistensi



Palembang, HidayatullahSumsel.com — Di era digital ini, dakwah Islam tak lagi terpaku pada mimbar masjid. Kini, internet menjadi gerbang baru untuk menyebarkan informasi dan nilai-nilai keIslaman kepada khalayak yang lebih luas. Salah satu situs web yang aktif memainkan peran ini di Sumatera Selatan adalah HidayatullahSumsel.com.

Hari ini, 09 Mei 2024, HidayatullahSumsel.com genap berusia 3 (tiga) tahun. Usia yang terbilang muda, namun situs ini telah menjadi sumber informasi terkait perkembangan ormas Hidayatullah bagi masyarakat terutama di Bumi Sriwijaya.

Dikelola oleh Tim Media DPW Hidayatullah Sumatera Selatan, situs web ini berupaya menyajikan konten-konten yang beragam, seperti: 

  • Berita: Berita terbaru tentang agenda, kegiatan, dan program Hidayatullah di Sumatera Selatan, baik skala wilayah maupun daerah serta organisaai otonom (Mushida, Pemuda Hidayatullah, PosDai) dan amal usahanya (BMH, Kampus Madya).
  • Artikel: Artikel edukatif yang membahas berbagai tema keislaman dan pengetahuan umum, seperti aqidah, syariah, akhlak, sejarah, dan muamalah.
  • Video: Kajian online, ceramah, dan dakwah dalam format video salam sebuah laman agregat yang bersumber dari akun YouTube, Hidayatullah Sumsel TV.
  • e-Book: buku-buku keIslaman dengan format pdf, seperti: tafsir, hadits, sejarah, muamalah, akhlak, ensiklopedia, ekonomi, nahwu-shorof bahkan pandangan Hidayatullah dan khutbah Id yang bisa diunduh.
  • Konversi Kalender: mengubah tanggal, bulan, dan tahun dari Kalender Gregorian ke Hijri.
  • Murottal: layanan audio Mutottal Abu Usamah dalam format mp3.
  • Informasi Kelembagaan: halaman statis yang menyediakan informasi terkait Hidayatullah seperti: Jati Diri Hidayatullah, Gerakan Nawafil Hidayatullah (GNH), Piagam Gunung Tembak, legalitas, kepengurusan, dan amal usaha.

>> Jejak Kontribusi

Usia 3 (tiga) tahun bukan waktu yang singkat untuk sebuah situs web. HidayatullahSumsel.com telah menunjukkan dedikasi dan konsistensinya sebagai jendela informasi Hidayatullah Sumsel. 

  • Berita dan artikel
hingga 8 Mei 2024, HidayatullahSumsel.com sudah mempublikasikan 197 postingan. Jika dirata-rata 1,3 postingan per minggu. Tidak produktif memang, namun masih konsisten. 

Admin HidayatullahSumsel.com pernah memohon dan menawarkan kepada kader Hidayatullah asal Sumsel baik di Sumsel maupun wilayah lain di Indonesia agar berkontribusi “memakmurkan” situs web ini dengan mengirim artikel namun belum ada respon. Alhasil, ditinjau dari produktivitas, situs ini masih jauh dari kata “memadai”.

Terkait berita/artikel, yang paling banyak dibaca adalah  “Quran Kemenag in (Microsoft) Word: Solusi Mudah Mengakses Alquran di Microsoft Word” dengan jumlah pageviews, sudah diakses 4.300+ kali. Sedangkan, halaman statis yang paling banyak dikunjungi adalah “Jati diri Hidayatullah” sebanyak 1.430+ pageviews.

  • Kunjungan
43.200+ pageviews atau 39 pageviews per hari. Relatif masih sangat kecil.

  • Platform
alih-alih menggunakan platform WordPress, Joomla, atau Larafel, situs HidayatullahSumsel.com (masih) menggunakan platform Blogger. Alasannya klasik, dana. Menggunakan Blogger hanya perlu menyewa domain, tidak perlu hosting meskipun itu berisiko. 

>> Komitmen Kedepan

Di usianya yang ke-3, HidayatullahSumsel.com tak lantas berpuas diri. Ia adalah contoh bagaimana internet dapat menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan kebaikan, nilai-nilai keIslaman, dan perkembangan organisasi Hidayatullah di Sumsel.

Usia 3 tahun hanyalah awal dari perjalanan panjang. Mari dukung dan ikuti perkembangan Hidayatullah di Bumi Sriwijaya melalui HidayatullahSumsel.com.

Dan, marilah kita jadikan internet sebagai sarana untuk dakwah dan menyebarkan manfaat bagi sesama.

Selamat Milad ke-3 HidayatullahSumsel.com! 

Terus berkarya dan menginspirasi!

Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!