Ahlan wa sahlan, selamat datang di situs resmi DPW Hidayatullah Sumsel Arsip berita

Hidayatullah Sumsel Gelar Tarhib Ramadhan 1445 H

Banyuasin, HidayatullahSumsel.com Hidayatullah Sumatera Selatan (Sumsel) menyelenggarakan acara Tarhib Ramadhan 1445 Hijriah dengan tema "Memantaskan Diri sebagai Bekal Meraih Keistimewaan dan Keberkahan Ramadhan" di Kampus Madya Banyuasin, Sabtu (9/3/24). Acara ini dihadiri oleh ratusan santri, warga, dan undangan. 

Sambutan dan Materi

Ketua Yayasan PP Hidayatullah Sumsel, Ustadz Dwi Agung, S.Pd.I., dalam sambutannya menyampaikan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan dan keberkahan. Oleh karena itu, umat Islam harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut bulan suci ini.

"Kita harus mempersiapkan diri dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta memperbanyak amal sholeh," ujar Ustadz Dwi.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan PP Hidayatullah Sumsel, Ustadz Lukman Hakim, M.H.I., dalam materinya menyampaikan 5 tips agar puasa Ramadhan berkualitas.

"Pertama, ikhlas dalam berpuasa. Maksudnya, kita berpuasa karena Allah SWT semata, bukan karena hal lain seperti ingin mendapatkan pujian," papar Ustadz Lukman.

"Kedua, meninggalkan hal-hal yang mudah membatalkan puasa. Hal ini termasuk makan, minum, dan berhubungan suami istri di siang hari. Selain itu, kita juga harus menjaga diri dari perbuatan dosa seperti berkata bohong, ghibah, dan fitnah," lanjutnya.

"Ketiga, meninggalkan hal-hal yang membuat puasa sia-sia. Hal ini seperti mengobrol dengan orang yang tidak bermanfaat, menonton televisi yang tidak mendidik, dan bermain game yang melalaikan," imbuhnya.

"Keempat, meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Hal ini seperti tidur berlebihan, bermalas-malasan, dan menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak penting," tuturnya.

"Dan kelima, memperbanyak amal sholeh. Hal ini seperti membaca Al-Qur'an, salat berjamaah, bersedekah, dan membantu orang lain," tandasnya.

Doa Bersama 

Acara Tarhib Ramadhan 1445 H ini yang juga diisi oleh Ketua DMW, Ustadz Muhammad Djufri, S.Pd, ditutup dengan doa bersama agar umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan penuh kekhusyu'an dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. *|°


Posting Komentar

Silakan memberikan komentar.
Untuk menghindari adanya spam, mohon maaf, komentar akan kami moderasi terlebih dahulu sebelum ditayangkan.

Terima kasih.
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!