Langsung ke konten utama

Persiapan Halaqah Muharram: Pembuatan Sumur Bor

Dalam hitungan beberapa pekan lagi, acara berskala regional, Halaqah Muharram Dai Hidayatullah se-Sumatera 2021, akan digelar di Kampus Madya Banyuasin - YPP Hidayatullah Sumatera Selatan. Acara ini akan  dihadiri oleh para dai Hidayatullah yang bertugas di 8 (delapan) provinsi di Pulau Sumatera. Halaqah Muharram yang akan dilaksanakan di Banyuasin, Sumatera Selatan ini merupakan pertemuan yang kelima. Setelah sebelumnya dilaksanakan di Curup, Bengkulu (2014); Medan, Sumatera Utara (2016); Dumai, Riau (2017); dan Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam (2019).

Salah satu permasalahan yang harus diatasi adalah penyediaan kebutuhan air bersih di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Sumatera Selatan. Untuk mengatasinya perlu pembuatan sumur bor. Sumur bor ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih para santri dan warga serta peserta Halaqah Muharram dai Hidayatullah se-Sumatera.

Alhamdulillah, program pembuatan sumur bor ini mendapat sambutan dari beberapa lembaga filantropi di negeri ini. Yang pertama, Lembaga Amil Zakat Nasional BMH (Baitul Maal Hidayatullah) membantu pendanaan sebesar Rp30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah). Kedua, Sahabat Yatim Pedalaman, membantu pendanaan sebesar Rp25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah). Dengan adanya bantuan tersebut, program pembuatan sumur bor dapat terlaksana.


Pelaksanaan pengeboran dilakukan selama 5 (lima) hari mulai dari tanggal 26 s.d. 30 Mei 2021 dan mencapai kedalaman 120 meter dengan diameter pipa selubung (casing) sepanjang 6 inci. Untuk keperluan penyedotan air, sumur bor tersebut menggunakan mesin sumur bor tanam (submersible pump) dengan kekuatan dorong sebesar 1,5 HP (horse power) / 1,5 PK (Paardenkracht) / 1,5 daya kuda. Alhamdulillah, debit air cukup deras, dan diharapkan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan warga baik konsumsi maupun MCK.


Kampus Madya Banyuasin - YPP Hidayatullah Sumsel mengucapkan terima kasih kepada donatur sumur bor, yaitu: Laznas BMH (Baitul Maal Hidayatullah) dan Sahabat Yatim Pedalaman. Semoga Allah membalas kebaikan Bapak, Ibu semuanya dengan rezeki yang melimpah lagi berkah.

Teriring salam dan doa, dari seluruh keluarga besar Kampus Madya Banyuasin.

Komentar