Langsung ke konten utama

CATATAN PERJALANAN KE TURKI: HARI KEEMPAT



Puluhan tenaga pendidik di beberapa pondok pesantren melakukan tur pendidikan ke lembaga-lembaga pendidikan di Turki, diprakarsai Depdikdasmen DPP Hidayatullah (17-26/10/2021). Mereka sekaligus menapaktilasi sejarah peradaban Islam di sana. Berikut sebagian kisah perjalanannya, ditulis salah seorang peserta tur, Ust. Lukman Hakim, Ketua DPW Hidayatullah Sumsel untuk hidayatullahsumsel.com, secara berseri.



Istanbul - Walaupun mengalami perpindahan hotel di malam yang ketiga namun tak menyurutkan semangat peserta  rombongan untuk tetap mengeksplore peradaban Turki. Hari keempa ini agendanya adalah menuju Pamukkale yang memakan waktu sekitar 10 jam. Melelahkan memang tapi di sepanjang jalan peserta disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Mulai dari hamparan pohon zaitun, hamparan pohon anggur, hamparan gandum dan lain sebagainya. Saking menikmatinya perjalanan yang lumayan jauh tak terasa lelah. Alam Turki is amazing. Tak henti hentinya para peserta untuk bersyukur kepada Allah. Di tengah perjalanan kita sempatkan singgah di sebuah pusat oleh oleh Turki Munirah di daerah Bursa. Di sini kita banyak mendapat pengetahuan tentang hasil kekayaan alam Turki diantaranya minyak zaitun yang asli, madu hitam, safron, serum bunga mawar untuk kosmetik dan macam macam kue khas turki. Disini peserta membeli oleh oleh untuk keluarga tercinta. Dari Munirah perjalanan dilanjutkan dan tetap menyaksikan hamparan pemandangan indah dan waw.



Setelah puas menikmati perjalanan dengan pemandangan yang menakjubkan sampai juga rombongan di Pamukkale pukul 20.00 lanjut check in hotel dan makan malam. Alhamdulillah makan malam menunya banyak yang cocok ditambah perut yang sudah meronta ronta menambah nikmat santap malam kali ini. "Cepat istirahat besok kita masih melanjutkan perjalanan panjang menuju Copadocia" pesan kak rani tour leader yang setia menemani. 



*Lukman Hakim

Komentar